Buscar

Jumat, 28 Desember 2012

Tarot : Misteri masa lampau

 Tidak ada yang tahu darimana asal Tarot. Catatan paling dini keberadaan pak atau bungkus tarot ini menunjukkan keberadaan Tarot dikenal sebagai permainan kartu dengan nama Perancis "Les Tarots". DImainkan di Itali. Permainan ini, masih tetap dimainkan di beberapa negara.
tapi berbeda dengan Tarot yang digunakan untuk meramal, permainan tersebut jelas berbeda. Lama sekali kartu tersebut digunakan untuk permainan kartu, baru di abad 18 digunakan untuk meramal. di Zaman modern ini, digunakan untuk meramal.

Kadang ada yang menggunakan sebagai objek meditasi. Banyak teori mengenai asal mula Tarot, menghubungkan dengan budaya dan kepercayaan berbeda. Salah satu adalah dari Mesir. Court de Gebelin seorang intelek Prancis abad 18 menyatakan keterhubungan Tarot dan Mesir.

MESIR dan TAROT

Ada kemungkinan hubungannya dengan okultisme, bahkan teori yang dikembangkan bahwa Tarot memiliki hubungan dengan  Kitab Toth. Toth adalah dewa ilmiah mesir. Trismegistus, seorang ahli Alkamia dan ilmu sihir diduga meletakkan  ajaran dalam kitan ini.

Fakta menariknya kebudayaan berbau Mesir jaman dahulu membuat masyarakat mengenal Tarot. Di pertengahan abad 19 kemudian hasil karya Court dikebangkan Aplhonse Louis Constant yang mengembangkan sistem penafsiran Tarot hingga membuat berbebagi versi tarot yang berbeda-beda.

TEMPLAR

Ada teori lain tentang tarot yaitu bahwa Ksatria templar meletakkan kepercayaan mereka pada 20 kartu Arkana Mayor. Tetapi walau Tarot mengandung unsur kristiani, tetapi tampaknya keterhubungan Tarot dan Templar sangat mustahil.

GIPSI

Pendapat lain adalah dari bangsa Gipsi. Bangsa gipsi adalah bangsa penjelajah dari asia ke Eropa. Kemungkinan dari Arabia lalu dibawa pulang oleh pasukan perang salib ke Eropa. Ada kemungkinan berasal dari India dan dulu digunakan sebagai bentuk dini dari permainan catur.
Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa Tarot dan Kabala memiliki kedekatan yaitu mistik dan ilmu sihir yang dipraktekkan Yahudi Kuno.

KESIMPULAN SEMENTARA

Banyaknya dugaan bagaimana Tarot sebenarnya dan dari mana asalnya adalah misteri. Akan terpecahkan sejalan dengan waktu dan mempesona. Tergantung bagaimana kita menafsirkannya.

0 komentar:

¿Te animas a decir algo?

 
Sky Come Angel 081 - Landavia | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger new post