Buscar

Jumat, 03 Mei 2013

Common Event RPG maker (base)

Di dalam RPGMAKER, kita mengenal tentang adanya common event. Dari pandangan saya, common event ini mirip seperti fungsi / prosedur dalam pemrograman. Dimana kamu memiliki sebuah prosedur yang dilakukan berulang dan kamu menulis dalam 1 fungsi saja. Untuk menggunakannya kamu cukup panggil dengan menyebut namanya.

Dalam RM XP yang sudah memakai RGSS, cara ini cukup bergeser sejak RGSS muncul, dikarenakan lebih efektif dan lebih 'greget' menulis fungsinya dibandingkan memilih dari option yang ada. Untuk contohnya saya akan menunjukkan dalam bentuk NPC game online, dalam hal ini game online seperti WoW (World of Warcraft), game online yang cukup terkenal dan termasuk MMORPG yang agak berat bermainnya.

MEKANISME NPC


Didalam dunia RPG online, kita menemui NPC salah satunya adalah NPC job yang memberi kita kerjaan. Tetapi ada sesuatu yang berbeda pada NPC ini, yaitu bagaimana tingkah dia saat bertemu kita. Perbedaannya adalah pada level saat kita berbicara padanya.

  • saat level awal, dia ngomong biasa saja
  • saat level menengah. dia sudah memakai pak, bu dalam menyebut nama kita! atau katakan saja menyebut Kisanak
  • Ketika level lebih tinggi, biasanya ada penghormatan dahulu sebelum menyebut nama kita.
Metodenya adalah saat bertemu dengan kita, NPC ini akan melihat siapa yang di ajak bicara dan juga levelnya. Bila sesuai maka hasil triggernya adalah 3 pilihan di atas. Tanpa membahas detail programnya saya akan jelaskan dibawah.

MEMBUAT DI RPG MAKER

UMUMNYA

Kita akan langsung membuat karakternya lalu menyisipkan list perintah sebagai berikut.
  • lihat level
  • beri tanggapan sesuai level
  • menyebut apa yang ditawarkan seperti menjual barang, memberi quest dan lain-lain.
Perhatikan panjangnya tulisan kamu di script atau command pada RM. Disini kamu belum selesai  tentunya, karena masih ada 10 tempat lagi yang butuh NPC tersebut dengan isi sebagai berikut. Untuk mempermudah itu, kamu cukup copy paste.

CARA SEHARUSNYA

kamu cukup membuat 1commont event dan memakai perintah utnuk memanggil itu saat dibutuhkan.  Dan tentu saja kamu bisa melakukan copy paste namun scriptnya lebih pendek karena hanya memanggil common event.

COPY PASTE

untuk copy paste tidak usah bingung karena COPY paste di RM sangat mudah.. Sampai kamu menyadari saat menjalankannya kamu melihat ada kata yang cacat. Padahal kamu sudah mengirim ke 10 orang!? Disinilah kita membutuhkan commont event.

Konsepnya adalah ketika ada perubahan di common event, semua event yang memakai akan langsung berubah. Sehingga kalau ada kesulitan di event dan diperbaiki, maka semua akan terpengaruh.

TIPE COMMON EVENT

terdapat 3 macam common event yaitu 
  • NONE. Tidak akan jalan kecuali kamu panggil. Saat dipanggil maka event dia harus selesai dahulu sebelum event lain jalan.
  • auto. Akan otomatis jalan dengan syarat kamu harus menyalakan switch tertentu yang akan menghentikan event lain termasuk karaktermu. Untuk mematikan cukup non-aktifkan switch yg digunakan.  
  • Paralel . event akan berjalan otomatis hingga switch dimatikan sama seperti auto namun bedanya jalannya paralel tidak merubah event yg sedang berjalan. 

SOLUSI UNTUK NPC

seperi yang tertulis diatas.. kita akan memakai commont event. 
 Pertama buat dahulu common event dari database. Masuk ke database dan pilih common event

Input yang kamu inginkan

pilih no yang kosong lalu beri nama dan untuk trigger cukup none saja
input commandnya. Sekedar hint, kamu bisa memasukkan script atau memanggil script disini

untuk menggunakan, buatlah 1 karakter lalu pilih "call common Event"
Pilih event yang kamu inginkan
kamu akan mendapatkan demikian dan kamu tidak akan memiliki banyak line (baris). Bila ada error cukup edit di common event bukan edit 1-1 semua npc?!!

0 komentar:

¿Te animas a decir algo?

 
Sky Come Angel 081 - Landavia | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger new post