Buscar

Rabu, 26 Desember 2012

MMORPG : Menjual di dalam game

Transaksi atau menjual barang kepada pemain lain adalah bagian tidak terpisahkan dari mayoritas game online. Tujuan dari berjualan sudah jelas yaitu untuk memutar modal agar karakter menjadi lebih kuat. Kali ini MG akan membahas komoditas apa saja yang laku pada game dengan genre Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG).

Sebelum berbicara lebih lanjut, perlu disadari terlebih dahulu bahwa terdapat beberapa aturan yang harus diingat dalam berdagang. Pertama) Semakin langka suatu barang maka harganya pasti akan naik. Dan bila barang berlimpah maka harga akan turun. Kedua) Beda tempat beda pasar. Artinya bisa jadi benda favorit pada game online lain tidak berurutan seperti yang MG tulis di bawah ini.

Berikut adalah daftar enam barang yang dicari dalam game online:

Benda untuk menempa.

Yang dimaksud di sini adalah semacam batu tempa atau alat untuk membuat equipment lebih kuat. Kepopulerannya jelas dibutuhkan untuk membuat kamu mampu menyelesaikan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Kebanyakan MMORPG Korea memiliki item khusus untuk menempa sehingga pemain dapat berpacu untuk mencarinya sementara pada beberapa game lain (terutama MMORPG barat) ditiadakan karena memiliki fitur sendiri. Diablo II adalah contoh dimana tidak terdapat item khusus untuk menempa. Game tersebut menggunakan fitur imbue, gamble dan drop rate saja untuk membuat diversitas dari permainan.

Pada beberapa game seperti SEAL Online dan Master of Fantasy, terdapat jenjang harga yang unik. Pada kedua game yang disebutkan terdapat fitur jenis benda yang berbeda untuk menaikkan tingkatan equipment. Misalnya pada game SEAL online untuk equipment level 5-8 harus menggunakan Ruby dan level 8 ke atas harus menggunakan Crystal.

Bagi game yang memiliki tipe seperti di atas, terdapat kecenderungan harga barang menengah seperti Ruby jauh lebih mahal daripada Crystal. Penyebabnya ada dua yaitu sulitnya menaikkan level equipment dari +8 ke atas dan tidak adanya alat untuk mengamankan equipment dari pecah atau turun tingkat.

Equipment.

Yang menentukan harga dari equipment adalah opsi. Semakin baik opsinya maka harga semakin mahal. Dalam beberapa game, opsi tertentu bisa lebih populer dibandingkan opsi lain. misal, opsi AGI (Agility), evade dan hit pada game Dragonica sangat populer mengalahkan opsi lain.

Apabila pada game online tersebut memiliki requirement hanya bisa digunakan ras/job/class tertentu maka harga yang paling mahal akan berada di ras/job/class paling banyak. Di sisi lain, ras/job/class minoritas juga akan kesulitan mendapatkan barang karena minimnya permintaan. Akibatnya, bisa jadi equipment dari kelas minoritas tersebut langka di pasaran tapi tidak laku walau dijual murah.

Skill Item

Item yang berkaitan dengan skill atau menambah opsi equipment. Jenis item ini sangat berhubungan dengan status karakter. Pet atau peliharaan termasuk dalam kategori item yang dimaksud.

Avatar.

Tampilan tentu saja juga harus diperhitungkan dan tidak sedikit yang enggan mengeluarkan uang banyak untuk sekedar berganti tampang. Barang-barang avatar biasanya dijual oleh portal dalam bentuk item mall (premium item). Tapi bisa saja game online menyediakan jasa bagi gamer mereka untuk memperjualbelikan barang yang telah mereka beli dari item. Karena yang dijual adalah premium item maka bisa dipastikan harganya akan sangat tinggi di pasar.

Buff item.

Item yang berguna untuk meningkatkan kemampuan/kekuatan atau status untuk sementara. Sepengamatan MG, benda-benda yang digunakan untuk menambah status untuk sementara waktu (buff item) tidak populer. Benda tersebut lebih baik disimpan dan digunakan sendiri daripada dijual. Tapi item ini dapat populer saat event PvP.

Quest item.

Rata-rata item yang dibutuhkan untuk quest jarang diperjualbelikan atau tidak laku karena hampir semua orang bisa mendapatkannya. Mereka yang membeli rata-rata hanya karena ingin cepat menyelesaikan quest saja. Tapi, komoditas ini dapat menjadi mahal apabila barang yang dicari berkaitan dengan quest untuk berubah job atau class.


Bila digeneralisir lagi maka item yang paling dicari adalah item yang berhubungan dengan equipment dan status. Tapi sekali lagi, komoditas favorit bisa berbeda dalam tiap game. Belum lagi, studi demografis akan menentukan benda favorit yang sering dijual. Di Jepang, bisa jadi benda avatar tidak begitu laku dijual tapi mereka suka membeli buff item. Jadi, cobalah mengecek pasar dan bandingkan list benda mana yang favorit pada game online yang kamu mainkan.

0 komentar:

¿Te animas a decir algo?

 
Sky Come Angel 081 - Landavia | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger new post