Buscar

Kamis, 21 Maret 2013

Jokowi dan rencana 1 bulan untuk SIM

ini berasal dari pertanyaan di FB

Kalau kalian yang bikin SIM RS dan mengintegrasikannya ke semua RS di kota kalian, strategi seperti apa yang kalian terapkan? Teknologi dan resources apa yang kalian butuhkan? And of course, estimasi waktunya?
jangan lupa baca berita terkait

Untuk membangun SIM itu tidak mudah, karena kita bukan berhadapan dengan Sistem yang berlaku saja tetapi juga user yang menggunakan. Inilah pentingnya kita memahami User Interface... Tetapi bukan itu saja, pemakai dari SIM ini harus jelas dan tentu saja harus bisa sesuai dari rumah sakit bersangkutan.

STRATEGI

Pertama strategi yang dilakukan adalah mengundang IT dari RS tersebut dengan salah satu senior FO (karena dia yang akan input). Dari sini di rembug bagaimana mereka menginput data.. Jangan terkejut kalau sebagian dari mereka tidak faham komputer (FO) secara dalam dan perlu di perhatikan dalam pembuatannya.
Orang FO yang dipilih juga harus faham SOP, KBJ, INK dan yang terkait tentang kerja mereka. Bila tidak, minta kepada mereka untuk menuliskan mengkaji SOP mereka karena dengan SOP program dapat berjalan dan analoginya dapat sempurna.

TEKNOLOGI

Teknologi yang digunakan tentu saja disesuaikan dengan rumah sakit dan juga standar yang harus di ikuti oleh para rumah sakit tersebut. Tentu saja rule-rule yang harus dilakukan. Beberapa rumah sakit memiliki teknologi dari luar negeri (beli software dari luar), dimana beberapa tertutup dalam resourcenya. Sehingga bila sistem yang saya buat pasti berbentuk terpisah dari aplikasi utama! bukan auto update dari aplikasi utama.

Teknologi yang terpenting tentunya adalah koneksi jaringan, dimana koneksi kita sangat buruk (kalau mau dibilang) karena kurang dalam transfer pengiriman data. Untuk itulah selain teknologi dalam sistem komputerasi di rumah sakit bersangkutan, koneksi harus diperbaiki dan dipastikan aman.

RESOURCE

Penjelasan internet sebenarnya lebih masuk ke dalam resource. Masalah utama yang harus dihadapi disini adalah masalah apa resource yang dibutuhkan!? karena masalahnya user yang dihadapi disini bukanlah orang yang faham dengan komputer dan masalah yang terkait dengan sistem rumah sakit sendiri.
Resource yang terbaik dalam hal membangun sistem adalah komunikasi. Jadi hal yang paling utama untuk menjalankan / membuat sistem agar cepat selesai adalah membuat komunikasi antar pihak yang berkepentingan lebih baik. Juga masalah birokrasi haruslah jelas sehingga bila ada masalah, komunikasi jelas dan birokrasi juga oke.

ESTIMASI WAKTU

bila tulisan di atas di jalankan dan selesai sesuai keinginan. Maka 1 bulan program akan selesai. Namun dengan catatan, selesai program bukan berarti pekerjaan selesai.. Program akan terus di maintenance bahkan sampe 1 tahun sebelum benar2 di LEPAS!!

Jokowi tidak salah mengatakan 1 bulan! Karena memang perlu waktu 1 bulan bila yang membuat adalah orang yang pernah membangun sistem pendukung rumah sakit..
*silakan di cari siapa orang yang dimaksud selain gw.*

1 komentar:

Unknown

Mantab bang!!

¿Te animas a decir algo?

 
Sky Come Angel 081 - Landavia | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger new post