Buscar

Selasa, 01 Januari 2013

Salah Kaprah Tukang sampah

Ini bukan tukang sampah
Inilah dilema yang biasa terjadi kalau awal tahun.. yaitu sampah!! dan pulang kepagian!! well ada berita buruk, bahwa menurut tulisan sebelum tahun baru.. jumlah barang xxx ludes?!? weit.. kok jadi bahas tahun baru.. kita harusnya bahas tukang sampah!! Walau sebenarnya mau bahas tentang kebersihan juga dan tahun baru.

Nama tukang sampah itu tidak tepat, karena sebenarnya tukang sampah adalah orang yang membuang sampah !! 'bukan' orang yang membersihkan sampah.. kita harus memberikan nama/titel yang bagus dan tepat buat dirinya.

Terlepas dari nama yang bagus untuk petugas kebersihan di atas. Kita sebagai warga Jakarta atau sekedar lewat saja (dari luar kota ke Jakarta untuk bekerja) haruslah tau tempat dimana kita membuang sampah. Bukan berarti kita membuat tukang pembersih ngak kerja. Tetapi kita membantu kerja mereka.

Bukankah satu kebaikan akan dibalas dengan beribu kali kebaikan. Demikian juga dengan keburukan, satu keburukan akan dibalas ribuan kali. Fenomena tahun baru sebenarnya normal di luar negeri dan Jakarta (khususnya). Dimana kita bergembira!! tapi sayangnya gembira itu tidak menyadari bahwa tak langsung kita membuang sampah tidak pada tempatnya.

Memang sebentar lagi ada petugas membersihkannya. Tetapi kalau kita lebih rapi membuangnya, mereka tidak lama membersihkannya. Belum lagi berat/jumlah sampah itu tidak sedikit!! sekedar info lebih dari 10 ton sampah!! Padahal 1 hari saja!! dan perhatikan pekerjaan dari jam 2 belum selese jam 5 padahal sudah ada yang akan menggunakan jalan tersebut!!

Petugas Kebersihan 'Berjibaku' Angkut Sampah Pesta Tahun Baru Jakarta

Jakarta - Petugas kebersihan dari Dinas Kebersihan DKI Jakarta terus berjuang membersihkan sampah-sampah yang berserakan sepanjang Bundaran HI, Jl Jend Sudirman-MH Thamrin. Mereka berjuang membersihkan Jakarta sebelum matahari awal tahun 2013 menyongsong.

Ribuan warga Jakarta yang merayakan malam pergantian tahun di Bundaran HI dan sekitarnya semalam memang menyisakan sampah yang luar biasa banyaknya. Melakukan upaya pembersihan sejak pukul 02.00 WIB, Selasa (1/1/2013), hingga pukul 05.00 WIB pembersihan belum juga selesai.

Pantauan detikcom di Jl Sudirman-MH Thamrin, memang banyak sekali sampah berserakan. Sebagian warga Jakarta juga hanya menumpuk sampah di sudut-sudut tertentu. Hal ini karena keterbatasan tempat sampah di ruas jalan Sudirman-Thamrin.

Tak hanya di lingkungan Jl Sudirman-Thamrin, sampah berserakan juga ditemukan di kawasan Monas, hingga depan kantor Balaikota DKI di Jl Medan Merdeka Selatan. Sejumlah ruas jalur yang dilalui pemotor dan pejalan kaki juga kotor bukan main.

Pantauan detikcom di ruas Jl Sudirman-Thamrin pada paukul 04.00 WIB, petugas kebersihan berpakaian putih-putih sedang menyapu jalan dan mengangkut tumpukan sampah. Puluhan truk sampah pun terparkir di sepanjang jalan protokol Ibukota ini.

Pekerjaan ini harus mereka tuntaskan sebelum siang. Karena Jakarta harus kembali terlihat bersih esok hari. Tugas yang cukup berat untuk petugas kebersihan.

Pekerjaan ini sebenarnya adalah pekerjaan tahunan petugas kebersihan, mengingat setiap perayaan malam tahun baru selalu menyisakan tumpukan sampah. Namun pesta perayaan tahun baru 2013 kali ini berbeda, karena warga yang datang mencapai lebih dari 200 ribu orang. Semuanya antusias menghadiri acara Jakarta Night Festival yang digelar dalam rangkaian car free night Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).

(van/van)

detik.com

0 komentar:

¿Te animas a decir algo?

 
Sky Come Angel 081 - Landavia | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger new post