Buscar

Rabu, 02 Januari 2013

GEJE di Hari ini

Gw bukan review yang baik. Apalagi review yang adil. Gw juga bukan juri Indonesian Idol. Tapi setidaknya dalam memberikan pendapat atas cerita, ngak boleh tidak adil.. walau sebenarnya ada rasa kurang adil akan sesuatu.

Saya membaca cerpen yang ada disini http://pratamawirya.wordpress.com/2013/01/01/pegangan/
Ini adalah cerita yang bisa dibilang genre telah diberikan yaitu drama, walau dari awal tidak terlihat dramanya. Kata-kata boros muncul dari sana. dan sepanjang yang ku coba lihat tampaknya lebih dari sekedar cerpen. Tapi bila menghitung dari jumlah kata dan huruf, mungkin memang bisa masuk cerpen.

Bila akan terbit nantinya, saya sejujurnya memilih cerita ini dipecah jadi 2. Bagian awal dan lanjutannya. Atau memakai konsep yang baru aja, cerita yang harusnya 1 film dijadikan 3 film!

Genre yang tadinya kupikir adalah Drama (seperti yang tertulis) malah berubah jadi Action. Mungkin memang sekarang memang jamannya apa genrenya, malah berubah jadi genre versi lain. Yang kalau kubilang bumbu genre utama.

Diperlukan sebuah plot kuat dalam kisah ini, karakter utama bisa dibilang bukanlah karakter menarik karena tindakan yangd ia lakukan. Tapi tidak bisa di pungkiri bahwa tidak adanya karakter ketiga yang dapat membantu menaikkan si karakter utama.

Bisa dibilang cerita ini minim karakter, ada karakter tapi cuma lalu. Tidak ada penjelasan tentang beberapa orang yang sebenarnya layak dapat perhatian seperti "Bapak Ganius" yang memang kalau tak dijelaskan kita sudah tahu siapa dia. Lalu dalam cerita tokoh itu langsung hilang. Munculnya nama karakter baru malah membuat cerita ini seperti ada lubang yang belum ditutupi.

Point positifnya dari bagaimana menjelaskan tentang si 'tokoh' utama yang begitu memuakkan. Saya sendiri merasa bila membaca terus akan menjelaskan betapa tidak layak mahluk ini hidup.. membawa dari kegelapan dirinya di awal cerita hingga menjelang akhir.. Tapi anehnya saat menjelang akhir.. kegelapan ini tetap saja ada bukan dihilangkan?!? sehingga akan wajar bila muncul versi yang lebih lengkap agar lebih jelas ceritanya. Ceritanya tetap konsisten pada temanya, jadi action tidak terlalu jadi masalah karena di anggap tambahan.

point negatifnya seperti tertulis di atas yaitu adanya karakter baru yang tidak punya fondasi, kata-kata kasar yang perlu adanya rating, panjangnya cerita yang perlu di tambah hingga temanya bukan cerpen lagi.

akhir kisah, cerita ini dibangun dengan dasar negatif. tidak mudah menemukan hal positif disini, apalagi hal-hal mainstream yang lagi trend sekarang. Tetapi hal negatif ini justru adalah yang di sukai beberapa orang (pembaca), tentu saja perbaikan cerita akan lebih memperbagus cerpen ini. Walau saya merasa bila di buat lebih panjang akan lebih baik.

0 komentar:

¿Te animas a decir algo?

 
Sky Come Angel 081 - Landavia | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger new post